Mata kuliah Teologia Sistematika 3

DESKRIPSI  SINGKAT  MK       :     Teologia Sistematika – 3

Kata"Sistematika" berasal dari kata sustematikos, artinya penempatan/ penyusunan secara tepat. Sistematika menunjuk pada sesuatu yang ditempatkan dalam sistim. Oleh sebab itu teologia sistematika berarti pembagian teologi ke dalam sistim yang menjelaskan berbagai bidang

Deskripsi Gereja :

Ekklesia dalam Perjanjian Baru digunakan baik untuk kelompok-kelompok setempat (Kis 8:1; Rom 16:16; 2Tes 1:4) maupun untuk umat Tuhan di seluruh dunia sepanjang abad (Mat 16:18; 1Kor 15:9;  Ef 5:25-26 ). Hubungan kumpulan orang Kristen lokal dengan keseluruhan umat Tuhan sangat halus dan tidak ada padanan insani, karena kelompok lokal itu bukan hanya bagian yang relatif tidak lengkap dari kelompok besar yang lengkap. Gereja setempat yang dikaitkan secara erat dengan gereja am merupakan gereja lengkap yang menerima segala janji Tuhan. Kristus sebagai kepala dan Tuhan gereja hadir di tengah-tengahnya, sama seperti Ia hadir dalam kelompok-kelompok yang lebih besar (Mat 18:20).

 

Deskripsi Pneumatologi :

Dalam Liturgi gereja seringkali terdengar kata “Di dalam Nama Bapa, Anak dan Roh Kudus, Amin.” Pernyataan ini merupakan rumusan Tritunggal yang menjelaskan tentang keilahian dari ketiga pribadi dalam  Tritunggal.  Alkitab dengan jelas menyatakan Roh Kudus memiliki atribut-atribut ilahi dan mempunyai otoritas ilahi.